Tips

Tips Mudah Menabung Uang bagi Anda yang Sukar Mengatur Keuangan

Sejak kecil, tentu kita sudah diajari untuk menyisihkan uang atau menabung demi keadaan darurat atau keperluan mendatang. Namun, jika Anda tidak benar-benar konsisten, maka keinginan untuk menabung tersebut seolah seperti diet. Dalam artian, mudah dikatakan dan dipahami, namun sangat sulit dilakukan. Benar bukan?

Menabung tidak sekedar membutuhkan keinginan saja, melainkan banyak kendali diri dan kebiasaan alami bagi Anda yang buruk dalam hal mengatur keuangan. Namun, jika Anda benar-benar ingin tahu cara yang efektif dalam jangka panjang, pahami tips agar mudah menabung uang ini.

  1. Buatlah Rencana Tabungan yang Berfungsi

Jika dituruti, pasti kita ingin menabung sebanyak-banyaknya supaya diwaktu mendatang memiliki uang simpanan di bank dalam jumlah besar. Idealnya, sisihkan uang Anda sebesar 20% dari penghasilan, sementara sisanya untuk memenuhi kebutuhan Anda sehari-hari. Paling tidak, lakukan kebiasaan menabung tersebut selama enam bulan sebagai dana darurat. Jika sudah mencapai enam bulan, lanjutkan terus rencana menabung ini.

Pertanyaannya, mengapa harus enam bulan sebagai dana darurat? Hal ini karena tabungan selama enam bulan mampu memulihkan finansial Anda ketika tiba-tiba di-PHK. Disisi lain, banyak orang tidak ingin berlebihan dalam hal pengeluaran dengan cara menabung tanpa investasi.

  1. Bedakan Tabungan dan Investasi

Menabung dan berinvestasi adalah dua hal yang  berbeda. Sama-sama menyimpan uang dalam jumlah tidak sedikit, namun memiliki tujuan dan waktu pencairan berbeda. Begitupula dengan faktor risiko dan keuntungannya. Jika Anda memilih berinvestasi seperti obligasi atau endowment plan, maka harus benar-benar berkomitmen dalam jangka panjang. Misalnya saja untuk kebutuhan pendidikan anak dimasa mendatang, Anda harus siap menunggu 5, 10, hingga 20 tahun mendatang untuk bisa mencairkan uangnya. Namun, jika Anda hendak menariknya sebelum waktu tempo, akan mendapatkan sebagian kecil dari hasil investasinya bahkan mengacaukan rencana pensiun.

  1. Tabungan BRI Britama, Solusi Tempat Penyimpanan Uang yang Terjamin Aman

Menabung haruslah di tempat yang aman. Sebab, jika Anda menyimpan uang sendiri di rumah, ada banyak kemungkinan untuk sering diambil lagi bahkan mengalami kehilangan. Meski demikian, Anda tetap bisa mengakses tabungan melalui fasilitas yang disediakan oleh bank, salah satunya melalui tabungan BRI Britama. Produk tabungan ini menawarkan banyak kemudahan dan fasilitas lengkap seperti e-banking dan sistem real time online. Jadi, pelanggan tetap bisa bertransaksi kapanpun dan dimanapun. Tapi, ingat lagi konsistensi untuk menabung ya!

Banyak keunggulan tabungan BRI Britama. Selain real time online, nasabah akan mendapatkan kemudahan transaksi di lebih dari 9.500 unit kerja BRI dan 15.000 ATM BRI di seluruh wilayah Indonesia. Aksesibilitas kartu ATM dan debit BRI bisa dilakukan di berbagai jaringan, seperti BRI, ATM Bersama, Link, Prima, dan Cirrus. Gratis pula cover asuransi kecelakaan diri hingga Rp150.000.000. Nah, bagi Anda yang konsisten menabung, bersiap-siaplah untuk mendapatkan suku bunga tabungan yang kompetitif.

Segera, daftarkan diri Anda sekarang juga untuk menikmati fasilitas tabungan BRI Britama tersebut. Mengenai persyaratannya, isilah form aplikasi pembukaan rekening terlebih dulu. Kemudian, isi identitas diri berupa KTP bagi WNI serta paspor dan KIMS/KITAP/KITAS bagi WNA. Perlu dicatat, pembukaan rekening dapat dilakukan di kantor BRI di wilayah domisili sesuai KTP. Sementara, untuk pembukaan rekening di luar domisili KTP, diharapkan menyertakan Surat Keterangan Domisili. Siapkan pula setoran awal sebesar Rp250.000.

Bagaimana, mudah bukan? Yuk awali menabung di BRI Britama dari sekarang!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *