Kesehatan

Tips Menambah Berat Badan Anak dengan Mudah

Anda mungkin khawatir jika buah hati terlihat terlalu kurus dibandingkan dengan anak-anak seusianya. Sebenarnya Anda tidak perlu mengkhawatirkan hal tersebut, selama tidak ada gangguan kesehatan yang dialami. Tetapi kebanyakan dari ibu ingin anaknya tumbuh optimal dengan memiliki berat badan yang ideal. Sebenarnya dengan memberinya makanan sehat seimbang bisa membantu menambah berat badan anak, tetapi bukan sekedar memberi makanannya saja. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar berat badan bertambah dengan sehat.

Cara Menambah Berat Badan Anak

 

  • Menambah Asupan Berkalori Tinggi

 

Kalori bisa dikatakan sangat berperan dalam menambah berat badan. Anak-anak berusia 2-3 tahun biasanya membutuhkan kalori sekitar 1000 kkal/hari, dan anak-anak berusia 4-8 tahun membutuhkan sebanyak 1200 hingga 1400 kkal/hari. Untuk memulainya, Anda bisa menghitung jumlah kalori yang diperoleh anak setiap harinya, setelah itu Anda bisa mengetahui jumlah kekurangan kalori yang harus ditambahkan.

Rata-rata untuk menaikkan 5 ons dari berat tubuhnya, Anda membutuhkan tambahan kalori sekitar 3500. Dengan menambah asupan kalori sebesar 500 kkal setiap harinya pada total kebutuhan anak, akan membantu mendapatkan tambahan 5 ons/minggu. Cukup proposional untuk anak yang berat badannya kurang.

 

  • Menambah Asupan Karbohidrat

 

Karbohidrat juga menjadi sumber gizi yang kaya akan kalori, sekitar 4 kkal/gram. Sehingga Anda bisa menambah asupan karbohidrat untuk dikonsumsi anak. Misalnya seperti, memberikannya camilan dengan tinggi karbohidrat (buah-buahan kering, kismis, granola). Hal ini dikarenakan, 250 gram dari salah satu bahan tersebut mengandung 240 kkal.

 

  • Menambah Asupan Lemak

 

Menambah asupan lemak pada makanan anak juga dapat menjadi cara mudah dan cepat untuk menambah berat badan, karena 1 gram lemak mengandung lebih banyak kalori. Anda bisa menggunakan kacang-kacangan, selai kacang, alpukat, dan juga minyak zaitun. Dengan 1 sendok makan dari bahan-bahan itu, dapat meningkatkan kalori sekitar 45-120 kkal.

 

  • Makan Secara Teratur

 

Aktivitas yang cukup padat tentunya membutuhkan energi yang banyak, sehingga Anda perlu memperhatikan pola makan anak Anda tetap teratur agar. Agar asupan dan energi yang dikeluarkan tetap seimbang, sehingga anak Anda bisa bertambah berat badannya dengan baik. Biasakan anak Anda untuk makan 3 kali sehari, dan tambah dengan 2 kali makan selingan di antara jam makan utama.

 

  • Minuman Berkalori

 

Jika anak Anda tidak terlalu suka makan, Anda bisa membantu menambahkan berat badannya menggunakan minuman yang terdapat asupan kalori. Contohnya ialah yogurt, smoothies, jus buah segar, dan susu segar. Hal ini dikarenakan kalori pada minuman tersebut biasanya memiliki sekitar lebih dari 100 kkal/porsinya atau sama dengan 8 ons/250 ml.

 

  • Beri Porsi yang Lebih Besar

 

Memberikan porsi yang lebih besar dari sebelumnya juga bisa menjadi cara yang efektif untuk menambah berat badan anak.

 

  • Memberi Susu Formula

 

Anda juga bisa mendukungnya dengan susu formula, karena banyaknya nutrisi yang dimilikinya bisa membantu menambah berat badan anak Anda. Pilih susu yang seusia dengan usia anak Anda dan perhatikan kandungan gizinya. Jika Anda bingung susu formula apa yang tepat untuk program ini, Anda bisa mencoba memberikan susu formula Morinaga Platinum yang dipercaya bisa menambah berat badan anak.

Hal ini dikarenakan, susu formula Morinaga mengandung zat gizi dan nutrisi yang bergaam, serta memiliki rasa enak yang tentunya disukai oleh anak. Anak pun akan senang untuk mengkonsumsinya, dan berat badan anak pun bisa bertambah dengan baik dan tetap sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *