Kesehatan

Begini Cara Minum Teh Hijau yang Baik dan Benar Tanpa Menghilangkan Kandungannya

Teh merupakan salah satu jenis minuman favorit yang disukai oleh banyak orang tanpa kenal usia. Baik teh hangat maupun es teh, maupun teh hijau dan beragam jenis lainnya. Anda dapat mengonsumsi teh hangat ketika kedinginan atau bisa juga menikmati es teh ketika cuaca sedang panas. Apalagi jika teh tersebut berupa teh hijau yang terkenal dengan khasiatnya bagi kesehatan tubuh dan stamina.

Ketahuilah, teh berwarna hijau tersebut populer perama kali di Jepang karena kandungan antioksidannya yang baik dan juga vitamin yang lengkap. Bahkan minuman teh hijau ini juga dipercaya mampu membantu jantung berfungsi lebih optimal. Kandungan antioksidannya juga ampuh meluruhkan lemak jahat pada tubuh dan baik untuk elastisitas kulit. Terlepas dari beragam manfaat teh bagi kesehatan, seringkali masyarakat menerapkan cara minum teh yang salah sehingga mengubah kebermanfaatannya bagi tubuh. Untuk menghindarinya, yuk ketahui cara konsumsi teh hijau yang baik dan sehat berikut!

Konsumsi Paling Banyak Tiga Cangkir Teh Tiap Hari

Memang, kandungan teh hijau sangat baik dan lengkap terutama bagi kesehatan tubuh. Namun, jangan mengira jika konsumsi teh hijau berlebihan akan berujung baik pula. Faktanya, konsumsi teh hijau terlalu banyak akan berbahaya bagi kesehatan.

Ya, kandungan antioksidan dalam teh yang masuk ke tubuh terlalu banyak akan berakibat gangguan pada fungsi hati, terutama kandungan tanin dan flavonoid yang tinggi. Untuk itu, aturlah jumlah konsumsi teh hijau paling tidak dua sampai tiga cangkir tiap harinya. Dengan demikian, tubuh akan menyerap kandungannya secara optimal.

Hindari Minum Teh Saat Perut Dalam Keadaan Kosong

Ternyata, tak hanya konsumsi obat saja yang tidak boleh dalam keadaan perut kosong, tetapi juga teh. Kebanyakan orang mengira konsumsi teh hijau di pagi hari setelah bangun tidur dalam keadaan perut kosong baik untuk kesehatan.

Faktanya, tidak demikian. Malahan, bukan manfaat yang akan diperoleh melainkan masalah kesehatan lain yang lebih serius yaitu lambung. Ya, konsumsi teh hijau dalam perut kosong menyebabkan asam lambung meningkat dan membuat perut tidak nyaman tentunya. Maka, Anda harus menghentikan kebiasaan tersebut. Lebih lanjut, lambung akan mengalami peradangan atau magh.

Jangan Seduh Kantong Teh Hijau Lebih Dari Sekali

Pasti ada yang mengira bahwa kantong teh hijau akan lebih baik dihabiskan sehingga perlu diseduh berulang kali. Namun, tahukah Anda jika kebiasaan tersebut berakibat buruk bagi kesehatan? Ya, dalam kantong bekas teh hijau terdapat kafein yang jika dibiarkan dalam waktu lama akan bertambah lebih tinggi. Selain itu, kantong bekas teh yang basah juga rentan oleh bakteri berbahaya sepeti E. Coli. Tentunya hal tersebut akan menimbulkan penyakit pencernaan terutama pengenceran feses sehingga berakhir diare.

Hindari Minum Teh Hijau Sesaat Usai Makan

Tak hanya konsumsi teh hijau saja saat kondisi perut kosong yang dihindari, tapi juga konsumsi teh sesaat usai makan juga perlu dihindari. Mengapa? Dalam teh hijau mengandung antioksidan yang akan mengikat zat besi dan juga protein dari makanan yang dikonsumsi tubuh sehingga tidak ada yang terserap oleh tubuh. Akibatnya, tubuh akan kekurangan zat besi dan protein yang berguna membantu metabolisme tubuh, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan fungsional lainnya. Paling tidak, berilah jeda sekitarĀ  30 menit sampai 45 menit sebelum konsumsi teh hijau.

Nah, itulah beberapa hal yang perlu Anda hindari saat minum teh hijau supaya tidak berbahaya bagi tubuh. Jangan lupa ingatkan orang-orang sekitar Anda ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *